Wednesday, October 17, 2012

UNESCO Verifikasi Kain Tenun Ikat Sumba

Apakah anda sudah tahu arti atau kepanjangan dari UNESCO? mungkin sebagian dari anda sudah tentu tahu, namun bagi anda yang belum mengetahui atau baru mendengar tentang UNESCO, saya akan sedikit menjelaskannya.

Kain Tenun Ikat Sumba

UNESCO merupakan singkatan dari United Nation Education Scientific and Cultural Organization yang merupakan badan khusus PBB yang bergerak dalam bidang, Pendidikan, Keilmuwan dan Kebudayaan dan dalam bidang komunikasi dan informasi. Organisai ini didirikan pada tahun 1945 yang bersamaan dengan tahun kemerdekaan negara kita Indonesia tercinta ini, yang walaupun tanggal atau bulannya tentu berbeda. Organisasi ini memilik anggota sebanyak 191 Negara yang ada di dunia ini. Ada beberapa proyek yang digagaskan oleh UNESCO, diantaranya adalah program baca-tulis, promosi keragaman budaya, menjalin hubungan internasional untuk mendapatkan persetujuan internasional dan mengamankan warisan budaya di suatu negara.

Saya sangat senang ketika membaca ataupun mendengar berita dari media sosial dan informasi, bahwa pemerintah sedang mengusulkan Kain Tenun Ikat Sumba kepada UNESCO untuk mendapatkan persetujuan sebagai warisan budaya internasional. Kenapa pemerintah mengusulkan kain asli Sumba ini ke UNESCO? apa manfaat dan kegunaan bagi masyarakat indonesia khususnya masyaraka pulau Sumba? Ya, jika oraganisasi tersebut telah menetapkan sebagai warisan budaya internasional, maka manfaat yang diperoleh adalah:
  1. Kain Tenun Ikat Sumba akan mendapatkan dana yang akan digunakan untuk promosi dan pelestarian warisan tersebut ke seluruh dunia, bayangkan apa yang akan terjadi jika kain tenun asli pulau Sumba ini sampai terkenal sejagat raya.
  2. Warisan tersebut tidak akan diganggu gugat oleh negara manapun, ambil contoh salah satu negara yang sangat gemar dengan klaim budaya orang lain, yaitu Malaysia. Mendapatkan persetujuan UNESCO sangat penting dalam mematenkan budaya kita sendiri.
  3. Dari aspek ekonomi, tentu saja masyarakat sumba yang bergerak dalam bidang produksi akan mendapatkan keuntungan, misalnya ketika Batik mendapat persetujuan dari organisasi ini, Batik begitu terkenal dan Booming di pasar domestik maupun internasional, sehingga ekonomi masyarakat akan meningkat. Bayangkan saja jika Kain Sumba ini terkenal seperti batik, Sumba juga akan terkenal di dunia internasional. Jadi kita harus berterima kasih kepada nenek moyang kita yang sudah berperan dalam menurunkan budaya seni ini kepada kita.
  4. Kain tenun ini akan dikembangkan lagi.
Kapan UNESCO akan memberikan persetujuan? proses verifikasi ini memakan waktu yang cukup lama, sekitar 1 tahun sehingga pada tahun 2013 kita akan mendengar berita terkait.

Mudah-mudahan kain tenun Sumba ini mendapat persetujuan dari organisai tersebut, dan mari kita berdoa bersama kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga semua ini dapat dikabulkan.
Terima Kasih atas kunjungannya.

No comments:

Post a Comment