Monday, October 15, 2012

Tips Merawat Semua Jenis Printer

Bagi kita yang sudah biasa bergaul dah bahkan sehari-hari hidup dengan komputer/laptop dan printer maka tentu saja kita tidak asing ketika mendengar ketiga kata tersebut. Namun kali ini kita akan sedikit membahas tentang printer.

Printer adalah sebuah mesin cetak yang sangat diperlukan dalam hubungannya dengan dokumen, bayangkan saja ketika printer tidak ada maka laptop/komputer tidak akan ada gunanya. Oleh karena itu, jika anda memiliki sebuah printer maka anda harus merawat dan sayangi printer tersebut, dan printer itu juga akan menyayangi anda (sedikit mitos tetapi memang betul sebagai hukum alam, boleh percaya atau boleh juga tidak)

Di pasaran, biasanya ada 3 jenis printer yaitu printer inkjet, printer laser jet, dan printer dot matrik. Saya biasanya pakai printer inkjet karena mudah dan praktis, harga terjangkau lebih murah dibandingkan dengan yang lain. Jika tinta habis sangat gampang untuk isi ulang (kayak aqua isi ulang aja ya), karena tabungnya sudah ada di luar jadi sangat gampang untuk mengisi tinta.

Apakah anda sudah tahu cara merawat printer, untuk semua merek dan spesifikasi saya pikir polah perawatannya sama. berikut beberapa tips yang patut anda coba praktekan untuk merawat printer anda. Simak baik-baik ya.
  1. Jangan mendiamkan printer anda, artinya anda harus sering gunakan karena jika tidak maka tinta di head catridge akan mengering, dan bisa juga tinta yang ada di selang tabung akan mengering karena tidak mengalir dalam waktu yang lama.
  2. Jika point 1 ( tinta diselang tidak mengalir) maka gunakan Head Clean untuk memperlancar aliran tinta.
  3. Simpan printer pada tempat pada suhu ruangan yang normal (tidak terlau dingin atau basah dan tidak terlalu panas)
  4. Matikan printer anda melalui tombol Power jika tidak digunakan lagi, selain printer panas juga boros arus listrik
  5. Pada saat printing, pastikan posisi kertas sudah betul sehinggga proses printing tidak macet.
  6. Gunakan jenis tinta refil yang sudah direkomendasikan untuk rinter anda, jangan sering-sering ganti tinta.
  7. Pada saat isi ulang tinta, usahakan tidak ada udara (oksigen) yang masuk dalam tabung karena akan membuat gelembung udara dalam tabung sehingga untuk mengeluarkan udara tersebut sangat susah.
  8. Jika volume tinta sudah sedikit, segeralah untuk mengisi ulang.
  9. Jangan sering membongkar printer anda, apalagi bisa bongkar tapi anda tidak bisa pasang lagi.
  10. Jangan menyentuh chip catridge anda.
Semoga 10 tips tersebut dapat memberikan pemahaman buat anda yang ingin merawat printer, semoga bermanfaat.

Terima kasih atas kunjungannya.

No comments:

Post a Comment