Tuesday, October 23, 2012

Apa itu Google Adsense

Apa itu Google Adsense? Google Adsense (GA) adalah salah satu produk yang dimiliki oleh Google dimana program Google Adsense ini ditujukan untuk menampilkan iklan yang akan ditawarkan oleh google kepada setiap pemilik blog atau website. Iklan-iklan yang akan ditampilakn akan selalu relevan dengan content/isi dari blog/web tersebut.  GA ini merupakan program PPC (Pay Per Click) yang artinya Dibayar Per Clik, jadi ketika ada orang yang mengunjungi blog/web kita, maka Google akan membayar kita.


Kenapa Google bisa membayar kita? dari mana asal $ tersebut?
Banyak temen-teman yang sering bertanya kepada saya, kok bisa Google membayar kita? Google Adsense merupakan salah satu media pengiklanan terbesar dan merupakan raja pengiklana terbesar di dunia ini. Banyak orang-orang yang sering beriklan kepada google, tentu saja mereka yang beriklan di Google tersebut tidak gratis, mereka akan membayar biaya pengiklanan kepada google melalui Google Adwords yang tentu saja nominalnya akan berbeda-beda tergantung dari jenis iklan yang ingin ditampilkan. Kenpa mereka harus beriklan? ya, tujuannya adalah mereka ingin memperkenalkan web/blog atau produk mereka kepada dunia, dengan demikian mereka akan mampu menjaring jutaan pengunjung dari seluruh belahan dunia, sehingga web/blog tersebut akan mendapatkan income/pendapatan yang sangat besar. Kembali ke topik awal, dari mana asal dolar yang akan dibayar kepada kita? hal pertama yang wajib anda lakukan adalah anda harus mempunyai sebuah blog/web, mulai yang gratis seperti Blogger.com ataupun web/domain berbayar. Ketika anda mempunyai blog/web, anda juga harus memiliki artikel yang cukup, dan langkah terakhir adalah mendaftarkan blog/web anda kepada Google Adsense.

Jika blog anda sudah diterima oleh GA, maka anda berhak menampilkan iklan-iklan yang relevan tersebut dalam situs anda. Dolar yang akan kita peroleh berasal dari orang-orang yang beriklan melalu Google Adwords. Kalau saya tidak salah, GA membayar kita sekitar 40% dari biaya pengiklanan dari google adwords. Misalnya, ada yang beriklan di Google Adwords dengan membayar 10$, maka ketika iklan tersebut ditampilkan oleh google dalam blog/web kita dan diklik oleh pengunjung, maka kita akan memdapatkan komisi sebesar 40% dari 10$, jadi kita dibayar sekitar 4$ perklik, dan yang sisanya sebesar 6$ yang berhak adalah Google itu sendiri, hebat sekali google ini ya.

Saya akan membahas tentang cara daftar Googel Adsense di lain waktu, jadi tetaplah bersama say..hehehe

Demikian sedikit perkenalan tentang Google Adsense. Kalau ada yang ingin berdiskusi silahkan anda berkomentar, saya akan membantu anda.

Terima Kasih atas kunjungannya.

No comments:

Post a Comment