Inventarisasi emisi pesawat udara komersial sangat krusial, pada kesempatan ini saya akan membahas sedikit dengan menggunakan metode Tier 2. Mengenai pertanyaan tentang apa itu metode Tier 2 saya akan membahas pada kesempatan lainnya. Berikut prosedur yang harus dilakukan:
- Pengumpulan data jumlah bahan bakar yang digunakan oleh seluruh pesawat dalam satu tahun.
- Identifikasi jumlah bahan bakar yang digunakan oleh pesawat domestik
- Menghitung jumlah bahan bakar untuk pesawat internasional dengan cara mengurangi jumlah total bahan bakar yang digunakan dengan total minyak yang digunakan oleh pesawat domestik.
- Menghitung jumlah minyak yang digunakan pada fase LTO dengan mengalikan jumlah LTO dengan konsumsi per LTO
Konsumsi LTO = Jumlah LTO x Konsumsi per LTO
5. Menghitung
total bahan bakar pada fase cruise domestik dengan cara mengurangi total bahan
bakar yang digunakan oleh setiap pesawat pada dengan total minyak yang
digunakan pada fase LTO.
6. Estimasi
emisi setiap pesawat domestik pada fase LTO:
Emisi LTO = Konsumsi LTO x Faktor Emisi
7. estimasi
emisi fase cruise:
Emisi Cruise = ( Konsumsi Total – Konsumsi LTO)
x Faktor emisi cruise
8. Kalkulasi
total emisi pada fase LTO domestik
9. Kalkulasi
total emisi cruise domestik
10. Menghitung
total emisi pesawat domestik dengan menjumlahkan total emisi LTO dengan total
emisi cruise.
Setelah
perhitungan emisi untuk pesawat domestik selesai maka langkah selajutnya adaah
menghitung emisi yang ditimbulkan oleh pesawat internasional. Prosedur yang
dilakukan adalah sama dengan mengulangi langkah 4 sampai pada langkah ke 10.
No comments:
Post a Comment