Tuesday, February 25, 2014

Konsep Definisi Gelombang

Kali ini saya akan membahas sedikit konsep tentang definisi gelombang.

Definisi geolombang sebenarnya sangat banyak, namun saya sedikit menyederhanakan supaya mudah dipahami. Gelombang sederhananya adalah usikan yang merambat, jadi kata kuncinya adalah merambat, air diusik sehingga merambat. Coba perhatikan gambar berikut ini:

Gambar. Contoh Gelombang pada medium Air

Gambar di atas adalah gambar air, saya mengambil contoh gelombang yang terjadi pada air. Dari gambar tersebut, dapat dilihat bahwa ketika air diusik maka air akan merambat ke segala arah dan rambatannya berbentuk gelombang ada yang naik dan ada yang turun. Nah gelombang juga membutuhkan ruang dan waktu dalam proses perambatannya dan biasanya membawa energi. Jadi ketika terjadi perambatan ada energi yang ditransfer ke segala arah sesuai dengan arah rambatnya. Misalkan energi yang ditransfer berupa energi potensial, energi kinetik dan lain sebagainya. Perlu saya tekankan sedikit disini bahwa yang merambat bukanlah mediumnya, melainkan energi. Itulah sedikit tentang gelombang.

Gelombang bisanya dibedakan atas beberapa diantaranya adalah:
  1. Gelombang Mekanik
  2. Gelombang Elektromagnetik
Pembedaan kedua kelombang tersebut di atas  didasari karena pembedaan mediumnya. Dan ada juga beberapa gelombang yang dapat kita nyatakan sebagai:
  1. Gelombang trasversal
  2. Gelombang Longitudinal
Nah pembedaan gelombang Transversal dan Longitudinal juga didasari atas arah rambat dan arah gelombangnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang keempat konsep gelombang tersebut, saya akan membahas pada kesempatan lainnya, jadi tunggu ya postingan berikutnya.

No comments:

Post a Comment