Tuesday, February 25, 2014

Konsep Gelombang Mekanik dan Eletromagentik

Sesuai dengan mediumnya, gelombang dapat dibedakan atas Gelombang Mekanik dan Gelombang Elektromagentik, perlu saya tekankan bahwa keduanya ada yang merambat melalui medium dan ada yang merambat tanpa memerlukan medium apapun. Untuk lebih jelas lagi, saya akan bahas sedikit tentang keduanya.

Gelombang Mekanik, dalam perambatannya memerlukan medium. Contoh gelombang mekanik yaitu gelombang air, gelombang bunyi. Jadi memerlukan medium untuk proses perambatannya. Kalau gelombangair medium rambatnya adalah air. Gelombang bunyi medium rambatnya adalah udara.

Sedikit Ilustrasi tentang gelombang bunyi:
Misalkan ada si A dan B yang sedang melakukan sebuah percakapan. Ketika si A berbicara atau mengeluarkan suara terhadap si B, (A adalah sumber bunyi dan B adalah pendengar bunyi). Kenapa si B bisa mendengar suara dari si A? ketika si A mengeluarkan bunyi dalam hal ini suara, pita suara dari si A akan menggetarkan udara disekitarnya, molekul udara yang ada diantarnya akan saling menggetarkan sehingga sampai akhirnya molekul udara tersebut menggetarkan gendang telinga dari pendengar si B.

Ilustrasi Lain
Ketika kita berada dalam sebuah ruangan yang hampa udara, maka kita tidak akan mendengar suara apapun, karena gelombang bunyi pada dasarnya membutuhkan medium udara. Ini hanya sekedar contoh saja tentang gelombang Mekanik, dan masih banyak lagi, silahkan berfilsafat dan dipikirkan sendiri.

Gelombang Eletromagnetik, dalam perambatannya tidak memerlukan medium dalam bentuk apapun. Contoh yang paling simpel adalah Cahaya. Contohnya adalah permbatan cahaya matahari ke bumi. Diantara Matahari dan bumi adalah daerah yang hampa udara, dapat dibaca beberapa teori yang mengatakan bahwa ada ruang hampa udara diantara matahari dan bumi. Nah, apakah cahaya ini ketika mengenai udara tidak akan merambat? jawabannya adalah tetap merambat. Bisa dibayangkan juga bahwa bumi ini dilingkupi oleh udara juga, oleh karena itu ketika cahaya mengenai medium udara maka akan tetap merambat. Tapi intinya adalah gelombang elektromagnetik bisa merambat tanpa medium.

Selain Cahaya, gelombang elektromagnetik diantaranya adalah
  1.  yang frekueninya di atas cahaya yaitu sinar ultraviolet
  2. frekuensi di bawa cahaya yaitu sinar infrared
  3. diatas ultraviolet ada sinar x, dinar gamma
  4. dibawah infrared ada sinyal bluetooth, sinyal Wifi, sinyal Hp, sinyal TV
Jadi gelombag elektromagnetik itu tidak memerlukan medium untuk merambat.

Sekian dulu ya.

No comments:

Post a Comment