Friday, February 21, 2014

Gambaran Umum Pentingnya Metode Ilmiah dalam Sains

Metode Ilmiah merupakan salah satu komponen yang sangat penting kedudukannya dalam sebuah sistem, dalam hal ini dalam konteks sains. Pemahaman konsep tentang metode ilmiah sangat penting, karena sampai kapanpun perkembangan sains sangat erat kaitannya terhadap metode ilmiah.

Sedikit Cerita sebelum bahas metode ilmiah

Dalam sains, kita akan berkecimpung dan tidak lari jauh dari yang namanya pengetahuan yang berbasis pada alam seperti Fisika, Kimia dan Biologi. Dalam sains, kita akan mempelajari beberapa teori yang mampu menjelaskan gejala dan fenomena alam. Misalkan pada tahun 1980 seseorang menemukan Teori A, keberadaan teori A ini bisa saja tidak akan bertahan lama, karena pada tahun tersebut dilakukan sebuah experimen terkait teori tersebut. Namun setelah beberapa tahun kemudia, ada seorang yang kemudian mengembangkan Teori A tersebut menjadi Teori A2 atau bahkan bisa saja membantah Teori A dan melahirkan Teori baru misalkan Teori B. Perkembangan Teori ini dikarenakan ada beberapa kondisi atau keadaan yang tidak bisa dijelaskan oleh teori sebelumnya. Dalam belajar sains, keberadaan Teori baru biasanya sulit dipahami tanpa mengetahui proses perubahan teori tersebut karena memilik keterkaitan yang sangat penting. Untuk mengetahui perubahan akan teori-teori ini maka kita dituntut untuk mengetahui konsep tentang metode ilmiah.

Metode Ilmiah sebenarnya berasal dari kata Scientific Method. Scientific Method sebenarnya adalah sekumpulan aturan yang tidak boleh dilanggar dalam mencari kebenaran ilmiah. Aturan-aturan tersebut pada dasarnya mengikuti POHEC. kita akan bahas lebih dalamtentang POHEC ini.

  1. P = Problems
  2. O= Observations
  3. H= Hypothesis 
  4. E= Experiment
  5. C=Conclusion

Metode Ilmiah biasanya dimulai dengan Problems (P) yang menggambarkan tentang adanya sebuah persoalan atau masalah yang harus diselesaikan. Nah, bagaimana cara mengatasi masalah ini? caranya adalah melakukan Observasi terlebih dahulu (O). Langkah ketiga adalah membuat sebuah Hipotesis (H) dalam hal ini kita haru membuat atau memprediksi bahwa hasil dari teori ini adalah A. Untuk membuktikan kebenaran teori ini maka dilakukan Experiment (E). Langkah terakhir adalah Conclusion (C) atau kesimpulan. Beberapa peneliti juga biasanya menemukan ide dengan cara yang berbeda, misalnya jadi seperti ini OPHEC, dan hal sah-sah saja.

Ini hanya gambaran umum bahwa metode imliah sangat penting dalam perkembangan sains, Bagaimana Kelima komponen (POHEC) ini bekerja dalam metode ilmiah, saya akan bahas dalam postingan Penerapan Metode Ilmiah Sederhana dalam Konteks FISIKA

No comments:

Post a Comment