Sunday, February 3, 2013

Global Warming & Climate Change Menyebabkan Pertambahan Kasus Penyakit

Perubahan iklim tidak hanya berdampak pada lingkungan hidup saja, tetapi juga berdampak pada kesehatan manusia. Badan kesehatan dunia (WHO) mengatakan bahwa dengan adanya perubahan iklim berbagai jenis penyakit dengan sangat cepat menular, diantaranya adalah: 

1. Demam berdarah

Perubahan iklim menyebabkan terjadinya pergeseran musim panas dan musim dingin dimana musim panas terjadi dengan waktu yang sangat panjang dan musim hujan terjadi denganwaktu yang singkat tetapi dengan intensitas tinggi. Dengan adanya musim panas yang berkepanjangan, maka nyamuk Aedes Aegypt dengan cepat akan berkembang biak karena nyamuk tersebut sangat cocok hidup pada daerah dengan temperatur yang panas. Pada umumnya, daerah dengan suhu panas hanya terjadi pada daerah perkotaan, namun dengan adanya perubahan iklim, maka daerah pegunungan juga menjadi panas sehingga akhir-akhir ini banyak ditemukan kasus demam berdarah di daerah pedesaan.

2. Malnutrisi

Pergeseran musim yang mengakibatkan musim panas yang berkepanjangan mengakibatkan terjadinya kekeringan yang berkepanjangan juga. Musim kering menyebabkan banyak petani yang gagal panen dan bahkan tidak dapat bercocok tanam. Hal ini menyebabkan terjadi kasus kelaparan yang berimbas pada kekurangan gizi yang dikenal dengan gizi buruk. Efek lain adalah kurangnya persediaan air bersih, hal ini menyebabkan kasus diare meningkat.

3. Gangguan saluran pernapasan

Global warming dan perubahan iklim diakibatkan oleh peningkatan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer. Gas rumah kaca berasal dari aktivitas manusia seperti gas CO2 yang berasal dari transportasi dan kebakaran, methan dll. Keberadaan gas-gas tersebut sangat berakibat pada kesehatan atau gangguan pernapasan manusia seperti kardiovaskuler.

4. Gangguan mental/depresi

Perubahan iklim biasanya juga menimbulkan bencana banjir, badai dan kekeringan. Hal ini akan menimbulkan rasa gelisah bagi masyarakat sehingga jiga tidak ditangani akan menyebabkan timbulnya depresi yang akan berakibat pada gangguan mental.

No comments:

Post a Comment