Friday, February 1, 2013

Perubahan Iklim Menyebabkan Kelaparan Dunia


Salah satu dampak yang sangat penting akibat dari perubahan iklim dunia ini adalah kelaparan yang akan dirasakan oleh seluruh umat manusia di dunia ini. Sektor yang berfungsi sebgai penyedia makanan di dunia ini adalah sektor pertanian, kelautan dan sektor peternakan. Perubahan iklim menyebabkan peningkatan permukaan air laut karena melelehnya es di kutub, merusak ekosistem hutan bakau, menyebabkan intrusi air laut ke daratan sehingga air tawar semakin sulit didapat, serta mempersempit daratan yang digunakan untuk
sektor pertanian. Peningkatan permukaan air laut juga menyebabkan terjadinya banjir yang merusak tanaman pangan. Adanya kemarau yang berkepanjangan menyebabkan kekeringan, dan faktor-faktor tersebut sangat mendukung terjadinya gagal panen, sehingga ketersediaan pangan menurun.

Dari sector kelautan, peningkatan suhu air laut dan adanya badai laut menurunkan produksi ikan yang mempengaruhi ketersediaan ikan sebagai bahan pangan, mempengaruhi asupan gizi dalam rumah tangga dan memperburuk terjadinya gizi buruk. Dalam sektor peternakan, dengan adanya perubahan iklim ini akan menyebabkan timbulnya berbagai jenis penyakit ternak, yang disebarkan oleh berbagai virus yang dengan mudahnya memasuki suatu wilayah. Perubahan transisi suhu antara suatu daerah dengan daerah lain menimbulkan penyebaran infeksi virus sangat ccepat sehingga menyebabkan berbgai jenis ternak akan musnah dan ini akan mengancam persediaan makanan dunia.

No comments:

Post a Comment