Friday, February 1, 2013

Pengaruh Buruk Global Warming & Climate Change

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa dengan terjadinya pemanasan global yang menimbulkan perubahan iklim akan menimbulkan berbagai macam dampak buruk baik terhadap lingkungan maupun terhadap manusia. Dampak perubahan iklim itu sendiri adalah terjadinya pergeseran musim antara musim panas dan musim hujan, dimana pada suatu saat terjadi musim panas/kering yang berkepanjangan dan musim hujan yang terjadi dengan waktu yang relatif singkat tetapi dengan pola atau intensitas yang tinggi. Dampak buruk dari proses perubahan iklim ini bersifat kompleks, diantaranya adalah sbb:

  1. Pada musim panas/kering di beberapa daerah contohnya di kutub, akan terjadi pelelehan es yang akan mengakibatkan peningkatan volume air laut, hal ini diperkirakan akan menenggelamkan beberapa pulau. Di indonesia, contoh pulau yang akan tenggelam akibat dari proses ini adalah Jakarta (Ancol) dan pulau kalimantan.
  2. Pada musim dingin, intensitas curah hujan yang sangat tinggi akan menimbulkan berbagai bentuk bencana alam, misalnya terjadi banjir, tanah longsor dll. Contohnya adalah daerha ibukota yang sampai saat ini masih terendam oleh banjir yang hampir seluruh kota jakarta mengalami kelumpuhan.
  3. Dalam keadaan banjir, terjadi sebuah paradoks dimana masyarakat juga mengalami kekurangan air bersih karena semua sumber air sudah tercemar dan kotor oleh karena akibat dari banjir tsb.
  4. Pola pertukaran antara musim panas dan musim hujan sulit diprediksi sehingga akan menimblkan berbagai dampak dalam bidang pertanian, diantaranya gagal panen. Petani juga sulit untuk memprediksi kapan mereka harus bercocok tanam.
  5. Terjadi malnutrisi akibat dari galal panen dalam bidang pertanian
  6. Terjadi berbagai jenis penyakit diantaranya DBD, dan jenis penyakit lain.
  7. Berbagai jenis keanekargaman akan musnah

No comments:

Post a Comment